Rabu, 09 Desember 2015

Cara Membuat Powerpoint dan Presentasi


Apa pun topiknya, presentasi PowerPoint dapat membantu Anda menyampaikan sebuah gagasan kepada pendengarnya. Metode-metode ini akan mengajarkan pada Anda cara membuat presentasi dari pola acu PowerPoint (rangkai salindia yang dirancang untuk presentasi tertentu) atau membuat presentasi buatan Anda sendiri. Inilah beberapa langkah untuk memulainya.

Metode 1 dari 3: Cara Membuat Pola Acu Presentasi

  1. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 1
    1
    Buka PowerPoint. Anda akan melihat layar kosong dengan dua buah kotak di tengah layar. Salah satu kotak bertulisan “Click to add title”, yang lain bertulisan “Click to add subtitle”.
    Iklan
  2. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 2
    2
    Pada tab di sisi kiri atas dari layar Anda, tekan tab “File”.
  3. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 3
    3
    Pada bilah alat vertikal di sebelah kiri, pilih “New”.
  4. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 4
    4
    Jika Anda ingin memakai pola acu, klik bagian “Sample templates”.
    • Sebuah pola acu adalah rangkai salindia dengan latar belakang yang telah dipilih dan dirancang untuk presentasi tertentu, seperti rencana perjalanan atau laporan status.
  5. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 5
    5
    Klik pola acu yang Anda ingin gunakan, tergantung tujuan presentasi Anda.
    • Jika Anda tidak menemukan jenis pola acu yang Anda butuhkan untuk presentasi Anda, mungkin lebih baik memilih sebuah tema.
  6. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 6
    6
    Jika Anda ingin memakai tema, klik bagian “Themes” di dalam menu “New”.
    • Sebuah tema adalah rangkai salindia dengan latar belakang yang telah dipilih dan dapat digunakan untuk presentasi secara umum.
  7. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 7
    7
    Klik pola acu atau tema tertentu yang Anda inginkan dari daftar pilihan.
  8. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 8
    8
    Setelah tema Anda dimuat, klik kotak “Click to add title” dan “Click to add subtitle” dan tambahkan judul dan subjudul (jika diperlukan) dari presentasi Anda.
  9. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 9
    9
    Setelah menentukan judul, klik tombol “New slide” pada tab “Slides” di atas.
    • Anda juga bisa membuat salindia baru dengan shortcut Ctrl-M.
  10. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 10
    10
    Lanjutkan menambah informasi dan gambar sesuai kebutuhan. Dalam PowerPoint, lebih sedikit pesan kadang berarti lebih kuat pesannya.
  11. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 11
    11
    Setelah Anda menyelesaikan presentasi PowerPoint Anda, telusuri “File > Save As” dan simpan berkas sehingga Anda bisa mendapatkannya nanti.
  12. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 12
    12
    Jika Anda ingin melihat presentasi sebagai rangkai salindia, klik pada tab “Slide Show” lalu klik pada “From Beginning” di kiri atas.
    • Untuk melihat salindia Anda, klik tombol panah kiri dan kanan pada papan ketik untuk maju atau mundur.
    Iklan

Metode 2 dari 3: Cara Membuat Presentasi Sendiri 

  1. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 13
    1
    Buka PowerPoint. Tergantung versi yang Anda miliki, halaman presentasi kosong mungkin akan terbuka secara otomatis, atau Anda harus memilih pilihan untuk presentasi buatan sendiri.
  2. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 14
    2
    Buatlah salindia pertama Anda. Jika Anda ingin memakai halaman judul untuk presentasi, Anda dapat memakai pola acu halaman judul standar yang disediakan PowerPoint. Jika Anda ingin mengubah format salindia, Anda dapat memilih dari antara pilihan yang ada pada bilah alat “Slide Layout”. Pilihan-pilihan ini memiliki tata letak yang berbeda untuk judul, tulisan, gambar, grafis, dan lain-lain.
  3. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 15
    3
    Tambahkan salindia baru. Anda dapat melakukan hal ini dengan melakukan klik tombol “New Slide” di bilah alat atas, atau dengan memilih menu “Insert > New Slide”.
    • Setiap kali Anda membuat salindia baru, Anda dapat mengatur formatnya dengan bilah alat “Slide Layout”.
  4. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 16
    4
    Tambahkan isi ke salindia Anda. Ada beberapa cara berbeda untuk melakukan hal ini pada versi PowerPoint yang berbeda, dan cara-cara ini mungkin berbeda untuk tiap versi. Ada dua cara utama untuk menambahkan isi (kotak teks, gambar, grafis, berkas multimedia lain) ke salindia Anda yang dijelaskan sebagai berikut:
    • Anda bisa menambahkan isi memakai menu “Insert”. Untuk melakukan hal ini, klik “Insert” lalu pilihlah jenis isi yang ingin Anda tambahkan ke salindia. Anda akan diminta memilih berkas untuk disisipkan. Seperti yang Anda lihat dari gambar di bawah, ada banyak pilihan berbeda yang dapat Anda pilih, dari Word Art hingga film.
    • Anda bisa menambahkan isi langsung ke dalam salindia. Untuk melakukan hal ini, pilih sebuah format dari bilah alat “Slide Layout”. Lalu klik ikon dari jenis isi yang ingin Anda tambahkan, dan jelajahi untuk menemukan berkas yang tepat.
  5. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 17
    5
    Ubah tema atau latar salindia. Pada PowerPoint, Anda bisa memilih tema yang sudah ada atau menciptakan latar salindia buatan Anda sendiri. Anda juga bisa mengombinasikan tema dengan warna latar pilihan Anda sendiri.
    • Untuk memilih sebuah tema, Anda bisa klik “Slide Theme” pada bilah alat atas, atau memilih “Format > Slide Theme” dari menu utama.
    • Untuk mengubah warna latar, Anda dapat klik “Format Background...” di dalam “Formatting Palette” atau memilih “Format > Slide Background…” dari menu utama. Ada banyak warna dan desain berbeda untuk dipilih, sehingga Anda harus mencari salah satu yang Anda sukai. Setelah Anda selesai melakukannya, klik “Apply” atau “Apply To All” tergantung apakah Anda ingin latar belakang itu diterapkan pada salindia saat ini atau semua salindia.
  6. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 18
    6
    Lihat rangkai salindia Anda. Untuk melihat hasil akhirnya, Anda bisa klik “Slide Show” di toolbar atas atau memilih “Slide Show > View Slide Show” di menu utama.
    Iklan

Metode 3 dari 3: Cara Membuat Pola Acu Presentasi untuk PC (Lama)

  1. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 19
    1
    Mulailah dengan pola acu/tema. Sebuah pola acu atau tema akan menghiasi presentasi Anda dengan tata letak dan skema warna yang telah ada. Pilih salah satu dengan melakukan klik pada gambar bulatan Office di pojok kiri atas, dan memilih “New”. Lalu pada bagian kiri, pilih Installed Templates atau Installed Themes.
  2. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 20
    2
    Jelajahi salindia dari pola acu dan cari mana yang Anda sukai. Pada bilah sisi di sebelah kiri, Anda bisa klik salindia pola acu atau tema yang berbeda untuk melihat bagaimana tampilan mereka. Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan salindia yang berbeda:
    • Menggandakan salindia. Klik kanan pada salindia dan pilih "Duplicate Slide".
    • Menghapus salindia. Klik kanan pada salindia dan pilih "Delete Slide", atau klik tab Home pada bilah atas, lalu "Delete Slide".
    • Ubah tata letak salindia. Anda bisa memilih salindia yang memiliki lebih banyak atau lebih sedikit kotak teks, kotak foto, atau pola acu lainnya yang Anda inginkan. Pilih salindia, klik kanan, dan layangkan kursor di atas "Layout". Atau klik tab Home di atas, lalu menu di sebelah "Layout".
    • Menambah salindia. Jika Anda ingin salindia baru Anda terlihat menyerupai salindia sebelumnya, klik kanan pada salindia itu dan pilih "New". Atau, jika Anda ingin salindia baru dengan tata letak yang berbeda, klik tab "Home", lalu menu di bawah "New Slide".
    • Mengatur salindia. Anda bisa menyeret dan menjatuhkan (drag and drop) salindia pada bilah sisi ke sebelah kiri untuk mengatur mereka.
  3. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 21
    3
    Mulai menambahkan isi. Inilah beberapa tips untuk menaruh informasi ke dalam presentasi PowerPoint Anda:
    • Gunakan kata-kata yang pendek dan ringkas untuk memandu pendengar, dan jelaskan dengan detail. Kata kunci menunjukkan bahwa Anda mengetahui pokok pembicaraan ketika Anda masuk lebih dalam selama presentasi. Sebagai contoh, gunakan “Tempat Pembakaran” sebagai kata kunci dalam PowerPoint, tapi jelaskan prosesnya pada saat presentasi.
    • Gunakan tanda bullet point. Jangan memakai kalimat penuh dalam presentasi PowerPoint kecuali benar-benar penting.
    • Jangan takut untuk menyebar informasi pada beberapa slide. Hal itu lebih baik daripada memenuhi satu halaman PowerPoint!
  4. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 22
    4
    Tambahkan elemen. Untuk menyisipkan apa saja (tulisan, grafik, dan lain-lain), cukup klik pada kotak tujuan untuk mengaktifkan dan langsung menyisipkannya.
    • Menyisipkan gambar dan grafik adalah ide bagus untuk membuat presentasi Anda lebih menarik secara visual. Pisahkan tulisan Anda!
    • Gunakan warna secara efektif dalam PowerPoint Anda. Pakai tema berwarna dan konsisten ketika menggunakannya untuk menyoroti hal-hal penting. Ini akan membuat presentasi Anda terlihat lebih profesional.
  5. Image titled Create a PowerPoint Presentation Step 23
    5
    Lakukan tes pada presentasi Anda. Klik "View", lalu "Slide Show", atau tekan F5 untuk mengagumi hasil karya Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar